Kementerian PPN - Bappenas

There is no description for this organization


Lisensi

Creative Commons Attribution


Penerapan Sistem Perencanaan Dalam Kerangka Perkembangan Permukiman Transmigrasi (Studi Kasus UPT.Lara 3 Kab.Mamuju)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan sistem perencanaan pemberian input melalui keterkaitan unsur pelaku, unsur kegiatan dan unsur penghubung; (2) pengaruh penerapan sistem perencanaan terhadap efektifitas pemanfaatan input oleh warga transmigrasi dalam rangka peningkatan pendapatan.

Penelitian ini merupakan studi kasus, dengan mewawancarai informan (Disnakertrans Prov. Sui-Sel, Disnakertrans Prov. Sui-Bar, KUPT, swasta, tokoh masyarakat) dan penggunaan kuisioner terhadap 50 responden warga transmigrasi yang dipilih dengan metode snowball sampling, studi dokumen dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketentuan dalam sistem perencanaan pennukiman transmigrasi belum dilaksanakan secara maksimal. Penerapan sistem perencanaan di UPT. Lara 3 Kabupaten Mamuju merupakan keterkaitan antara Disnakertrans Prov. Sul-Sel / Sul-Bar dan KUPT sebagai unsur pelaku, perencanaan pemberian input sebagai unsur kegiatan dan pihak swasta sebagai unsur penghubung. Sistem perencanaan tersebut tidak berhasil dimana kegiatan perencanaan input hanya dilakukan dalam lingkup Disnakertrans Prov. Sul-Sel tanpa melibatkan KUPT dan pihak swasta yang seharusnya dapat berfungsi melakukan identifikasi kebutuhan warga transmigrasi sebelum bantuan disalurkan ke lokasi.

Perencanaan didominasi oleh Pihak Disnakertrans Prov. Sul-Sel mengakibatkan input yang disalurkan ke lokasi transmigrasi tidak dimanfaatkan oleh warga secara optimal sehingga produktifitas yang dicapai rendah. Pemberian input yang ideal adalah dapat menjadi modal awal bagi warga dalam mencapai kemandirian dan keberlanjutan pada suatu lokasi transmigrasi.

Label/Kata Kunci: pemukiman perencanaan policy paper thesis transmigrasi

Informasi Metadata
Elemen Isi
Last Updated February 1, 2019, 13:33 (WIB)
Created February 1, 2019, 13:33 (WIB)
Nama Berkas Ekstensi View
158995-[_Konten_]-ST_Normawati_Sam.pdfPDF
0