Kementerian PPN - Bappenas

There is no description for this organization


Lisensi

Creative Commons Attribution


Analisis Arah Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Ditinjau Dari Tenaga Kerja Terdidik (Studi Kasus Di SMK Negeri 19 JAKARTA dan SMU Negeri 35 JAKARTA)

Pendidikan di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari amanat Undang-undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemerintah menyelenggarakan satu sistem pengajaran (pendidikan) nasional yang diatur dalam Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang dalam konsiderannya mcnyebutkan: "bahwa pcmbangunan nasional di bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia serta mcmungkinkan para warganya untuk mengcmbangkan diri".

Fokus pembahasan dalam tulisan ini dimaksudkan untuk mempelajari, menganalisa, dan mengevaluasi aspek ekonomi terhadap tenaga kerja terampil dari sekolah menengah kejuruan, dimana sekarang ini memiliki jumlah yang semakin banyak seiring dengan tumbuhnya industri-industri di Indonesia. Kualitas sekolah kejuruan dapat diukur dari prestasi akademis, tetapi yang lebih penting harus dinilai dari segi ketrampilan kejuruan dan relevansinya dengan dunia usaha. Penelitian dilakukan terhadap lulusan Sekolah Menengah Kejuruan bidang ekonomi yang langsung bekerja, dimana ketrampilan mereka paling banyak diperlukan dalam administrasi perkantoran. Sebagai pembandingnya kami juga meneliti lulusan Sekolah Menengah Umum yang juga langsung bekerja, apakah ada persamaan atau perbedaannya.

Label/Kata Kunci: kebijakan pendidikan policy paper tenaga kerja thesis

Informasi Metadata
Elemen Isi
Last Updated February 1, 2019, 12:53 (WIB)
Created February 1, 2019, 12:53 (WIB)
Nama Berkas Ekstensi View
159270-[_Konten_]-Melia_Fauziah.pdfPDF
0