Integrasi Geoportal JIGN dengan Portal SDI

Pada 14 September 2021 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Integrasi Geoportal Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) ke Portal Satu Data Indonesia (SDI) yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial. Diharapkan melalui Rapat Koordinasi dapat memberikan arahan tentang Integrasi JIGN ke Portal SDI. 

Diperlukan manajemen standar metadata portal dan master data manajemen. Proses bisnis menjadi reference agar dapat digunakan di portal untuk tiga data yaitu data keuangan, data statistik, dan data spasial.

Bridging kode wilayah antara BPS dan Kemendagri diperlukan karena 3 portal (Ina-Geo, BPS, Portal SDI) akan menjadi interoperable, akan jadi satu di portal SDI akan menjadi tantangan  di kode wilayahnya. Sekretariat SDI harus fasilitasi forum dengan segera. 

Integrasi Geoportal JIGN dengan Portal SDI
Imam Machdi menjelaskan tentang National Statistical Policy

Proses interoperabilitas antara Ina-Geo dan Portal jadi reference tata kelola interoperabilitas dengan Portal SDI. Perpres No 24 dan Perpres No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia  disepakati apabila Portal SDI mengambil data dari JIGN (Ina-Geo) bukan JIGD, hal ini dikarenakan adanya proses interoperabilitas Ina-Geo dan Portal SDI, di bulan Oktober 2021 akan difokuskan ke pembinaan data.

Ditulis oleh Venna Aisyah R W, S.I.P.

Bidang Komunikasi Sekretariat Satu Data Indonesia Tingkat Pusat

Kementerian PPN/Bappenas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *