Sosialisasi Satu Data Indonesia 2020
Tanggal Publikasi: 2020-08-04 00:00:00 | #Sosialisasi

Jakarta - Sekretariat Satu Data Indonesia menggelar Sosialisasi Satu Data Indonesia 2020 secara virtual pada tanggal 3-4 Agustus lalu. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 300 perwakilan Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang seragam mengenai Kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) sebagai salah satu upaya percepatan pelaksanaan kebijakan Satu Data Indonesia.

Sosialisasi dipandu oleh Hari Dwi Korianto selaku Direktur Sistem dan Pelaporan Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas dan dibuka oleh Menteri PPN / Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. Melalui pidatonya, Suharso Monoarfa menekankan pentingnya sinergi antar Kementerian/Lembaga, antara Pusat dan Daerah, serta antara Pemerintah dan masyarakat luas dalam penyelenggaraan SDI demi tersalurkannya kontribusi nyata penyelenggara SDI dalam pembangunan ke depan.

Acara ini turut mengundang Pembina Data, yaitu BPS, BIG, dan Kementerian Keuangan. Mengingat perlunya pemenuhan prinsip-prinsip SDI dalam menciptakan data berkualitas, Para Pembina Data menyampaikan perkembangan penyusunan Standar Data dan Metadata untuk Data Statistik, Geospasial, dan Keuangan Negara. Selain Pembina Data, Dewan Pengarah juga turut hadir dan memberikan penjelasan mengenai perkembangan masing-masing instansi dan perannya dalam penyelenggaraan SDI.