Sekretariat Satu Data Indonesia Integrasikan Data UMKM Kota Bukittinggi ke Portal SDI
Sekretariat Satu Data Indonesia Integrasikan Data UMKM Kota Bukittinggi ke Portal SDI
Tanggal Publikasi: 2020-11-27 17:00:00 | #Sosialisasi

Bukittinggi - Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diharapkan dapat menyelamatkan perekonomian Indonesia dari dampak wabah Covid-19 tidak hanya berfokus pada penanganan krisis kesehatan. Program PEN dijalankan sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berimbas pada sektor informal atau UMKM, serta bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam negeri.

Dalam mendukung Program PEN, Sekretariat Satu Data Indonesia tingkat Pusat, Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan Data Discovery Workshop bersama Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kota Bukittinggi saat kunjungan kerja ke Kota Bukittinggi, Kamis, 26 November 2020 lalu. Data Discovery Workshop merupakan sesi konsultasi yang dimaksudkan untuk meninjau dan mengevaluasi ketersediaan data dalam sebuah organisasi.

Asri, Sekretaris Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kota Bukittinggi menyambut baik serta akan berupaya penuh mendukung penyelenggaraan Satu Data Indonesia di lingkungan Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kota Bukittinggi.

“Melalui Data Discovery Workshop, Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kota Bukittinggi dapat memetakan kebutuhan data yang nantinya digunakan sebagai acuan sasaran kegiatan.” Imbuh Daniel Oscar Baskoro, Manager Bidang Tata Kelola, Sekretariat SDI tingkat Pusat.

Data Discovery Workshop diawali dengan pengelompokkan peserta berdasarkan bidang pada unit kerja masing-masing, dan terbentuk empat kelompok yaitu; Bidang UMKM dan Koperasi, Perdagangan, Pengelolaan Pasar, dan Industri. Selanjutnya fasilitator membimbing peserta untuk menuliskan program per bidang pada tahun 2020 dengan pendampingan dari co-fasilitator di tiap-tiap kelompok. Co-fasilitator dapat menuntun proses identifikasi data yang dihasilkan dari tiap program. Melalui workshop ini, peserta dapat memetakan potensi UMKM yang selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar penentuan kebijakan, menemukan data-data yang tumpang tindih dan data lintas sektoral.

Acara yang dilaksanakan selama tiga jam ini merupakan percontohan implementasi Satu Data Indonesia di daerah, proses uji coba identifikasi data yang dikemas dalam bentuk loka karya selaras dengan tahapan penyelenggaraan Satu Data Indonesia seperti yang termaktub dalam Peraturan Presiden no. 39 tahun 2019.

Sementara itu, hasil identifikasi data berhasil diintegrasikan di Portal Satu Data Indonesia (data.go.id) pada 27 November 2020. Hal ini disampaikan oleh Epaphras Ericson Thomas, Manager Bidang Aplikasi dan Teknologi Sekretariat SDI tingkat Pusat pada kunjungannya ke Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat sebagai agenda penutup kunjungan kerja di Provinsi Sumatera Barat.

“Saat ini Portal Satu Data Sumatera Barat sudah dapat terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia, ini merupakan salah satu pencapaian yang luar biasa. Harapannya, daerah lain khususnya kabupaten atau kota di Sumatera Barat dapat melakukan hal yang sama, dalam hal ini Diskominfo Sumatera Barat bisa memfasilitasi kegiatan integrasi tersebut.” Jelas Ericson.

----
Ditulis oleh Anggie Aditya Murti,
Bidang Komunikasi Sekretariat SDI tingkat Pusat