Percepatan Satu Data Indonesia, Portal Satu Data Kota Medan Berhasil Diintegrasikan
Percepatan Satu Data Indonesia, Portal Satu Data Kota Medan Berhasil Diintegrasikan
Tanggal Publikasi: 2020-10-30 17:00:00 | #Bimtek

Medan - Manajer Bidang Aplikasi dan Teknologi Sekretariat Satu Data Indonesia (SDI) tingkat Pusat, Epaphras Ericson Thomas menyampaikan bahwa Portal Satu Data Kota Medan (Medan Satu Data) telah terhubung dengan Portal Satu Data Indonesia pada Jumat, 23 Oktober 2020.

“Selama satu minggu, kami dari Sekretariat Satu Data Indonesia telah memberikan pendampingan teknis kepada Dinas Komunikasi dan Informasi kota Medan dalam rangka percepatan integrasi antara Portal Satu Data Kota Medan dengan Portal Satu Data Indonesia. Kota Medan merupakan salah satu daerah yang kami jadikan Pilot Project, dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain agar termotivasi atau terdorong untuk segera melakukan integrasi dengan Portal SDI” ungkap Ericson.

Selain untuk melaksanakan amanat Peraturan Presiden 39/2019, implementasi Portal Satu Data Indonesia juga dimaksudkan untuk mendukung agenda transformasi digital, transparansi kinerja pemerintah (pelayanan publik), serta perbaikan konektivitas data antar instansi pemerintah. Data yang mengalir pada Portal SDI harus memenuhi empat Prinsip Satu Data Indonesia, yaitu satu standar data, satu metadata, interoperabilitas, serta menggunakan kode referensi atau data induk.

Kunjungan tim Sekretariat SDI tingkat Pusat disambut oleh Kadis Kominfo Medan, Zain Noval, diwakili Kabid Statistik dan Informasi Publik, Harunsyah, didampingi Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi, Lamhot Simamora dan Kasi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, Supriyono.

Dalam kesempatan tersebut, ketiganya menjelaskan mengenai pengelolaan Data Center dan Command Center Pemerintah Kota Medan sebagai komponen pengelolaan Sumber Daya Informasi. Lebih lanjut, Juang Akbar Harahap, analis data Diskominfo Kota Medan memaparkan bahwa dibutuhkan sumber daya manusia yang dapat mendukung operasional Data Center dan Command Center.

“Kami mengapresiasi keberhasilan integrasi Portal Satu Data Kota Medan dengan Portal Satu Data Indonesia.” ujar Lamhot. Diskominfo juga berharap kerjasama ini bisa terus dipertahankan melalui pendampingan dari pusat untuk Kota Medan guna mengoptimalkan operasional dan pengelolaan Portal, khususnya pendampingan di bidang sumber daya manusia.

Agenda dilanjutkan dengan peninjauan ruang Data Center Diskominfo Medan. Data Center yang dibangun sejak tahun 2017 ini dilengkapi dengan pengamanan berlapis dan pemeliharaan yang ketat agar dapat beroperasi dengan baik. “Ruangan harus selalu berada di temperatur rendah dan dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran otomatis berbentuk gas.” kata Lamhot.

----
Ditulis oleh Anggie Aditya Murti,
Bidang Komunikasi Sekretariat SDI tingkat Pusat