Persyaratan Penggunaan

Persyaratan Penggunaan

Terima kasih telah menggunakan http://data.go.id (selanjutnya disebut “situs”)
Dengan mengakses situs ini, maka pengguna akan terikat dengan Persyaratan Penggunaan yang dipaparkan di bawah ini:

 

Definisi

data.go.id adalah portal resmi data terbuka Indonesia yang terdiri atas dan tidak terbatas hanya Kementerian, lembaga pemerintahan, pemerintahan daerah, dan semua instansi lain yang terkait yang menghasilkan data yang berhubungan dengan Indonesia.

Penggunaan kata “Badan Publik” merujuk kepada UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Penggunaan kata ‘pengelola situs’ merujuk kepada Lembaga Pemerintah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan situs yang pada saat ini adalah Kantor Staf Presiden.

Dalam konteks ini, Data adalah fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan melalui angka, huruf, kata, gambar, atau simbol yang menunjukkan kondisi atau situasi dan “dataset” atau kumpulan data merujuk data yang terepresentasikan dalam bentuk tabular maupun non-tabular yang pada dasarnya dalam situs dapat diunduh, divisualisasikan, ditautkan, atau diproses kembali dengan berbagai metode digital lainnya.

Metadata adalah informasi terstruktur yang menjelaskan mengenai kumpulan data yang terkait dengannya.

 

Persetujuan Penggunaan

Persetujuan penggunaan situs ini merujuk kepada poin-poin berikut, yaitu:

  • Kumpulan data yang disajikan di dalam situs ini bersumber dari data Badan Publik dan Badan Non Pemerintah  lainnya yang telah diproduksi dan diolah berdasarkan prosedur sesuai kaidah yang berlaku. 
  • Tidak ada jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung, bahwa data yang disajikan dalam data.go.id telah memenuhi standar akurasi, kecukupan, kelengkapan, legal, dan kemanfaatan.
  • Informasi atau data yang terkandung di dalam situs dapat  berasal dari sumber-sumber pihak ketiga ataupun pengguna. Segala opini, nasihat, pernyataan, pelayanan, tawaran, atau informasi lainnya yang berasal dari pihak ketiga tidak serta-merta menggambarkan dukungan dan pengakuan dari pengelola situs.
  • Dengan mengakses situs ini pengguna setuju untuk menggunakan data.go.id hanya untuk tujuan yang sah, dan dengan cara yang tidak melanggar hak-hak atau membatasi atau menghambat penggunaan dan kenikmatan oleh pihak ketiga atau pihak lain. Pengguna dilarang posting atau mengirimkan melalui data.go.id segala sesuatu yang melanggar hukum, memfitnah, cabul, menyinggung atau skandal, atau materi yang merupakan atau mendorong tindakan yang akan melanggar hukum.
  • Badan Publik dan pengelola situs tidak bertanggung jawab terhadap penggunaan konten di dalam situs yang tidak sesuai atau tidak benar. Dalam hal ini, Badan Publik maupun pengelola situs tidak bertanggung jawab terhadap dampak buruk yang disebabkan secara langsung dan tidak langsung terhadap kerugian yang ditimbulkan.
  • Badan Publik dan pengelola situs juga tidak bertanggung jawab terhadap konten yang berasal dari tautan yang diberikan oleh pihak ketiga yang merujuk keluar dari situs.
  • Badan publik dan pengelola situs tidak bisa menjamin untuk setiap analisis yang dilakukan dengan data yang diambil dari data.go.id.
  • Pengguna menyetujui bahwa Badan Publik dan pengelola situs tidak bertanggung jawab atas konten yang bersifat merugikan yang mungkin ditimbulkan dari laman yang dirujuk oleh tautan tersebut. Tautan tersebut hanya disajikan sebagai informasi dan merupakan tanggung jawab dari pengguna untuk mengevaluasi kegunaan dari konten yang diberikan oleh laman yang dirujuk oleh tautan tersebut.

 

Lisensi
Seluruh informasi dan data dalam situs menggunakan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 kecuali untuk kumpulan data yang dinyatakan lisensi lainnya di dalam metadata. Informasi tentang lisensi untuk setiap kumpulan data tertera di dalam metadata terkait.

 

Cara Pengutipan Kumpulan Data
Seluruh informasi yang berhubungan dengan pengutipan sudah tertera di dalam bagian metadata.
Bagi para pengguna yang hendak menggunakan kumpulan data yang ada di situs, wajib mengutip dengan format sebagai berikut “Institusi yang Mengeluarkan (Waktu Publikasi Kumpulan Data): Judul Dataset, Tanggal Akses, Tautan ke kumpulan yang ada di situs”. Contoh: Kementerian Keuangan (2012): Anggaran Kementerian Keuangan, 2014-01-20, http://data.go.id/anggaran.csv

 

Penggunaaan Karya di Situs Ini

Rinjani Mountain, Indonesia oleh Haekal Siregar

Font Awesome oleh Dave Gandy – http://fontawesome.io

Clear Sans oleh Daniel Ratighan – https://01.org/clear-sans