Tim Satu Data berkesempatan berpartisipasi dalam Open Data Leadership Network (ODLN) yang diselenggarakan oleh Open Data Institute sebagai forum pertemuan inisiator open data pemerintah dari berbagai negara di London, Inggris pada 5-9 September 2016. ODLN adalah forum pertemuan biannual bagi para innovator dan pemimpin open data pemerintah di berbagai negara. ODLN memfasilitasi delegasinya untuk bertukar pikiran dan mendiskusikan tantangan penerapan open data untuk merumuskan sebuah best practice sebagai acuan penyelesaian masalah. Pada forum ODLN keempat ini, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bertukar pikiran bersama innovator open data dari Afrika Selatan, Polandia, Kanada, Argentina, Sierra Leone, Rep. Ceko, Kenya, serta tim ahli open data dari Inggris.

Kita boleh berbangga karena pada tingkat global, implementasi open data di Indonesia terbilang progresif untuk golongan pemula. Meskipun begitu, kualitas data terbuka kita masih pada golongan menengah sehingga perlu terus ditingkatkan. Selain itu, beberapa permasalahan ternyata tidak hanya dialami oleh Indonesia, namun juga negara-negara lainnya dalam perjalanan implementasi keterbukaan data. Permasalahan tersebut diantaranya banyaknya data dalam format tertutup, kurangnya kemampuan teknis penyedia data, ketakutan akan penyalahgunaan data, & banyaknya data terbuka yang belum dimanfaatkan secara optimal. Setiap negara memiliki strategi yang berbeda untuk mengatasi tantangan implementasi data di negara masing-masing, tetapi secara umum melalui fase yang sama. Fase-fase tersebut telah dirangkum menjadi sebuah best practice implementasi open data dari para ahli open data dunia yang dapat diakses di theodi.org/search?q=guide.

Pelajaran berharga yang kami dapatkan dari forum ODLN adalah mengenai ‘user centered approach’ dalam data terbuka, yakni pendekatan observasi penyediaan data yang menitikberatkan pada kebutuhan pengguna. Penyediaan data yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan meningkatkan kesediaan masyarakat untuk memanfaatkan data terbuka yang disediakan. Mengikuti ODLN memberikan inspirasi & masukan bagi perencanaan pengembangan data terbuka di Indonesia. Dari sisi strategi pembenahan internal pemerintah, Satu Data Indonesia akan mengembangkan strategi pemberdayaan pengguna data agar data yang telah dirilis dapat dimanfaatkan dengan efektif dan menghasilkan dampak positif  yang menyeluruh bagi masyarakat. Dalam waktu dekat, selain menyusun Rencana Peraturan Presiden menegani Satu Data, kami juga menyusun strategi pemberdayaan pengguna bersama seknas Open Government Indonesia (OGI). Kami juga melibatkan para innovator open data di Indonesia & pengguna potensial untuk mendukung iklim pemanfaatan data yang lebih produktif.


Leave a Reply

Captcha *