Bandung, 10 Oktober 2015 – Inisiatif keterbukaan data, tidak hanya berasal dari instituti pemerintah saja. Baru-baru ini, Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB) untuk pertama kalinya meluncurkan portal data terbuka skala kampus.

KM-ITB

Dilansir melalui siaran persnya, “Open Data KM ITB” telah resmi diluncurkan, 9 Oktober 2015. Menteri Data Publik Kabinet KM ITB menyampaikan, “Tujuan Open Data KM ITB bertujuan untuk bisa memetakan potensi mahasiswa ITB dengan terstruktur sehingga muncul inovasi, ide-ide, dan kreasi dari seluruh elemen masyarakat ITB.”

Selain itu, seiring dengan tuntutan arus informasi yang semakin bertumbuh. Universitas, sebagai institusi pemerintah wajib untuk menyediakan, memberikan, dan mempublikasikan informasi dan data kecuali informasi yang dikecualikan sesuai ketentuan yang diatur dalam UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Setelah resmi diluncurkan, berbagai data yang menunjang aktivitas mahasiswa ITB dapat tersedia di portal Open Data KM ITB ( http://data.km.itb.ac.id ). Data yang tersedia dapat digunakan kembali secara bebas. Pengumpulan data sendiri dilakukan melalui Census Week yaitu sensus online kepada seluruh mahasiswa ITB. Lebih lanjut, tim Open Data KM-ITB mengatakan, pembangunan portal data terbuka terhalang minimnya referensi untuk data skala universitas karena selama ini data terbuka pada umumnya hanya diterapkan pada skala kota, provinsi/regional, dan negara. Padahal, menurut mereka Universitas sebagai badan publik tidak hanya memerlukan data untuk keperluan administratif saja, namun juga pengambilan keputusan strategis berdasarkan kebenaran ilmiah berbasis data.

Terakhir, mereka berharap akan lebih banyak Universitas di Indonesia yang bisa menerapkan Open Data, sehingga lebih banyak solusi yang dapat ditawarkan untuk mengkolaborasikan seluruh potensi di Indonesia melalui data terbuka.


2 Responses to “KM-ITB Luncurkan Portal Open Data”

  1. yokoz

    semoga dengan adanya portal open data ini bisamenunjang aktifitas dan memberi manfaat buat semuanya dan bisa juga diterapkan di bidang / skolah /instansi lainnya

    Reply
  2. lia affandi

    dengan adanya portal open data, semoga keputusan yang diambil instansi di ITB ataupun pembentukan opini dapat berbasis data. data ini juga harusnya dapat digunakan sebagai research anak TPB ITB guna menyelesaikan tugas karya ilmiah mereka. ataupun sebagai landasan pihak mahasiswa ataupun rektorat dalam menentukan kebijakan. semoga dapat diperluas data apa saja yang sebenarnya kita butuhkan. semoga semua mahasiswa ITB support akan issue pentingnya open data.

    Reply

Leave a Reply

Captcha *