Indonesia Smart City

Pada tanggal 2 September 2016, kami berkesempatan menyampaikan pentingnya implementasi Satu Data dalam acara Indonesia Smart City Forum 2016 @ Bandung. Forum ini dihadiri oleh berbagai kepala daerah dan instansi, terkait perwujudan kota cerdas dengan memanfaatkan teknologi dan semangat kolaborasi.

Bersama Bapak Dr. Ir. Ismail. Mt dari Kemenkominfo, Ibu Hayu Parasati dari Bappenas, dan Bapak Hermanto Dardak dari Kementerian PUPR dalam sesi “Dukungan Pemerintah dalam Perencanaan dan Implementasi Smart City”. Perwakilan kami, Robertus Theodore, memaparkan aspek dukungan Satu Data sebagai fondasi pembangunan smart city.

Selain pengembangan infrastruktur fisik, sdm yang smart, pembenahan manajemen data merupakan aspek yang tak terpisahkan untuk mewujudkan Smart City.

Pembenahan manajemen data yang dilakukan terbagi menjadi dua aspek yaitu, pembenahan manajemen data di internal pemerintah dan pemberdayaan pengguna untuk memanfaatkan data. Tujuan besarnya adalah untuk mendorong pengambilan keputusan berdasarkan data ditambah keterbukaan data yang dapat meningkatkan transparansi & akuntabilitas pemerintah.

Melalui forum ini, diharapkan semakin banyak Pemerintah daerah yang melakukan reformasi tata kelola data untuk Indonesia yang lebih baik.

 

isc1


Leave a Reply

Captcha *