Selamat Hari Ulang Tahun ke-72, Republik Indonesia! #ForYourInfographic kali ini akan membahas Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM adalah sebuah indikator dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mengukur bagaimana penduduk suatu negara dapat mengakses hasil pembangunan.

Tahukah kamu? Sejak tahun 2010-2016, IPM Indonesia mengalami kenaikan secara konstan. Hal ini berarti terdapat peningkatan dalam dimensi kesehatan, pengetahuan, dan standar hidup penduduk Indonesia secara keseluruhan.
IPM metode baru yang digunakan oleh BPS memiliki 2 indikator berbeda dari indikator sebelumnya. Pertama, Angka Melek Huruf pada metode lama diganti dengan Angka Harapan Lama Sekolah. Kedua, Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita diganti dengan Produk Nasional Bruto (PNB) per kapita. Metode baru ini diharapkan dapat lebih menggambarkan perkembangan pembangunan manusia secara komprehensif.

Di tingkat internasional, Indonesia menempati posisi ke-113 dari 188 negara di dunia. Di tingkat regional, data dari UNDP menunjukkan bahwa IPM Indonesia berada di peringkat ke-5 di Asia Tenggara setelah Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand. Di tingkat nasional, tiga provinsi dengan pertumbuhan IPM paling pesat pada tahun 2010-2016 antara lain adalah Papua (1.40%), Sumatera Selatan (1.16%), dan Jawa Timur (1.15%).

Mengacu pada data-data ini, kita perlu lebih bergotong royong untuk meningkatkan daya saing dalam menyokong upaya pembangunan manusia. Sejalan dengan gagasan Pak Presiden Joko Widodo, pembangunan manusia dan pembangunan infrastruktur sifatnya saling berkesinambungan. Sejak Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia memiliki misi membangun manusia Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkepribadian.

Untuk memastikan agar misi tersebut tercapai, seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) tentu membutuhkan data yang akurat dan akuntabel sebagai landasan kebijakan. Di sinilah Satu Data Indonesia berperan dalam menyediakan data yang mudah dicari, diakses, serta digunakan seinovatif mungkin demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik.

Sekali lagi, selamat merayakan kemerdekaan dan selamat menyingsingkan lengan baju untuk kerja bersama mendukung pembangunan manusia!

Sumber:
Badan Pusat Statistik, “Indeks Pembangunan Manusia,” diakses pada 16 Agustus 2017, https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/26
United Nations Development Programme, “Human Development Report 2016: Human Development for Everyone,” diakses pada 15 Agustus 2017, http://hdr.undp.org/…/fil…/2016_human_development_report.pdf


Leave a Reply

Captcha *